SEKILAS INFO
  • 6 bulan yang lalu / Web ini adalah Web Demo Masjidku
  • 6 bulan yang lalu / Kunjungi juga Blog kami di website masjidku.web.id
  • 6 bulan yang lalu / Bismillah web ini semoga bermanfaat
WAKTU :

Penjelasan Surat Al-Baqarah Ayat 1-5

Terbit 25 May 2022 | Oleh : Fitria Agustina | Kategori : BelajarIbadah
Penjelasan Surat Al-Baqarah Ayat 1-5

Penjelasan surat al baqorah ayat 1-5 :

1. Mendapat Karunia Besar

Melalui ayat-ayat dalam surat Al Baqarah, Allah menghendaki karunia besar untuk hamba-hamba yang dikehendaki-Nya.

Keutamaan khusus membaca surat Al Baqarah diungkap dalam riwayat Abu Umamah.

Dalam riwayat tersebut, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam menyebutkan:

اقْرَءُوا الزَّهْرَاوَيْنِ: الْبَقَرَةَ وَآلَ عِمْرَانَ؛ فَإِنَّهُمَا يَأْتِيَانِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ كَأَنَّهُمَا غَيَايَتَانِ، أَوْ كَأَنَّهُمَا غَمَامَتَانِ أَوْ كَأَنَّهُمَا فِرْقَانِ مِنْ طَيْرٍ صَوَافَّ يُحَاجَّانِ عَنْ أَصْحَابِهِمَا اقْرَءُوا سُورَةَ الْبَقَرَةِ؛ فَإِنَّ أَخْذَهَا بَرَكَةٌ وَتَرْكَهَاحَسْرَةٌ وَلَا تَسْتَطِيعُهَا الْبَطَلَةُ

Artinya:

“Bacalah ‘dua tangkai bunga indah’, yakni surat al-Baqarah dan Ali ‘Imran. Sebab, keduanya akan datang pada hari Kiamat laksana penaung, atau seperti awan pelindung, atau seperti kelompok burung yang membeberkan sayap-sayapnya dan membela pembaca keduanya. Maka bacalah surat al-Baqarah, sebab di dalamnya terdapat keberkahan. Sedangkan meninggalkannya adalah kerugian. Bahkan, para pelaku kebatilan (para ahli sihir) pun tak mampu menembusnya,” (HR. Ahmad).

Di dalam surat Al Baqarah, ada Ayat Kursi yang istimewa. Keberkahan membaca ayat ini disebutkan dalam riwayat Ath-Thabrani:

“Siapa saja yang membaca ayat Kursi setiap usai shalat, maka tidak ada yang mencegahnya masuk surga kecuali kematian. Dan siapa saja yang membacanya tatkala mulai berbaring (tidur), maka Allah akan memberi keamanan kepada rumahnya, rumah tetangganya, dan rumah-rumah lain di sekitarnya,” (HR. Ath-Thabrani).

2. Mendapat Kemudahan setelah Hari Kiamat

Dalam Tafsir ats-Tsa‘labi, surat Al Baqarah disarankan untuk dibaca pada malam Jumat.

“Siapa saja yang membaca surat Al Baqarah dan surat Ali ‘Imran pada malam Jumat maka pada hari Kiamat akan digantikan untuknya sayap-sayap yang terbang membawa keduanya di atas Ash Shirath.” (Tafsir Ats-Tsa‘labi, jilid 3, hal. 5)

3. Melindungi Rumah dari Setan

Keutamaan membaca surat Al Baqarah juga diungkapkan oleh Rasulullah SAW dalam riwayat Al Hasan, yang menyatakan:

“Ingatlah, sekosong-kosongnya rumah dari kebaikan adalah rumah yang kosong dari kitabullah. Demi Dzat yang menggenggam jiwa Muhammad, sesungguhnya setan akan keluar  dari rumah yang dibacakan surat Al Baqarah di dalamnya,” (HR. Ibnu Mubarak).

Surat Al Baqarah juga “bongkol” Al-Qur’an, yang di dalamnya terdapat Ayat Kursi.

Kapan pun ayat Kursi dibaca dalam rumah yang ditempati setan, maka setan tersebut akan keluar, sebagaimana hadis riwayat Abu Hurairah berikut ini:

إِنَّ لِكُلِّ شَيءٍ سَنَامًا، وَسَنَامُ الْقُرْآنِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ، وَفِيهِ آيَةٌ سَيِّدَةُ آيِ الْقُرْآنِ آيَةُ الْكُرْسِيِّ، لَا تُقْرَأُ فِي بَيْتٍ وَفِيهِ شَيْطَانٌ إِلَّا خَرَجَ

“Segala sesuatu memiliki bongkol. Dan bongkol Al-Qur’an adalah surat Al Baqarah. Di dalamnya terdapat sebuah ayat yang menjadi “tuannya” ayat-ayat Al-Qur’an, yakni ayat Kursi. Tidaklah ayat itu dibaca di suatu rumah yang di dalamnya terdapat setan kecuali setan itu akan keluar,” (HR. Abdur Razzaq).

4. Mendapat Mahkota di Surga

Keutamaan selanjutnya membaca surat Al Baqarah ayat 1-5 dan seterusnya adalah akan diberi penghormatan berupa mahkota di surga.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam riwayat Ad Darimi:

“Siapa saja yang membaca surat Al Baqarah, maka dia akan dikenakan makhkota darinya di surga.”

5. Dijauhkan dari Setan

Keutamaan membaca surat Al Baqarah ayat 1-5 dan ayat-ayat pilihan lainnya dalam surat ini juga pernah dikemukakan oleh Ibnu Mas‘ud.

Dalam riwayat tersebut, Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ قَرَأَ أَرْبَعَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ، وَآيَةَ الْكُرْسِيِّ، وَآيَتَانِ بَعْدَ آيَةِ الْكُرْسِيِّ، وَثَلَاثًا مِنْ آخِرِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ، لَمْ يَقْرَبْهُ وَلَا أَهْلَهُ يَوْمَئِذٍ شَيْطَانٌ، وَلَا شَيْءٌ يَكْرَهُهُ، وَلَا يُقْرَأْنَ عَلَى مَجْنُونٍ إِلَّا أَفَاقَ

“Siapa saja yang membaca empat ayat pertama surat Al Baqarah, kemudian ayat Kursi, kemudian dua ayat setelah ayat Kursi, kemudian tiga ayat terakhir surat Al Baqarah, maka dia dan keluarganya tidak akan didekati pada hari itu oleh setan. Tidak pula didekati oleh sesuatu yang tidak disukainya. Dan tidaklah dua ayat dibacakan pada orang tunagrahita kecuali akan sadar (atas izin Allah),” (HR. Ad-Darimi).

SebelumnyaTausiyah Tentang Bahaya Sikap Intoleran SesudahnyaTausiyah Surat An-Nas

Tausiyah Lainnya